KURIKULUM

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

PIMPINAN WILAYAH MUHAMMADIYAH

PROPINSI KEPULAUAN RIAU

PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم

Pendidikan Muhammadiyah merupakan amal usaha Perserikatan yang sangat strategis dan sebagai asset yang amat berharga bukan hanya bagi Muhammadiyah, tetapi juga bagi masyarakat, bangsa dan Negara pada umumnya. Karena itu, Muhammadiyah concern terhadap pengembangan pendidikan islam yang modern dan bermutu. Untuk itu, pendidikan Muhammadiyah  diorientasikan kea rah peningkatan kualitas lulusan yang unggul dalam keperibadiaan, kompetensi keilmuan dan ketrampilan berkarya serta berdaya saing tinggi untuk mewujudkan masyarakat utama. Untuk mencapai kualitas lulusan yang baik, Sekolah Dasar Muhammadiyah Plus mengembangkan standar pendidikan yang umum mengacu pada Standar Nasional Pendidikan, dan secara khusus berorientasi pada visi dan misi pendidikan Muhammadiyah. Selanjutnya dengan mengacu pada standar pendidikan tersebut, ditetapkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan sekolah dan madrasah Muhammadiyah, termasuk Standar Kompetensi Lulusan bidang pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) yang dituangkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Pengembangan KTSP pendidikan ISMUBA yang dilakukan tiap satuan pendidikan Muhammadiyah mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetendi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Secara khusus, KTSP ISMUBA mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Dasar serta Materi Pokok yang ditetapkan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Prosedur pengembangan KTSP pendidikan ISMUBA berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetendi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

KTSP ISMUBA ini dikembangkan oleh Sekolah Dasar Muhammadiyah yang dilakukan para guru dibawah koordinasi Majelis Dikdasmen PWM melalui proses kegiatan pengembangan KTSP yang diawali dengan orientasi dan work-shop. Keterlibatan satuan pendidikan dan guru dalam pengembangan KTSP ISMUBA ini di sampaing sesuai dengan ketentuan normatif, juga memberikan pengalaman otonomi pedagogis yang amat bermakna bagi para guru, sehingga dalam mengimplementasikan kurikulum secara operasional mereka memiliki pemahaman dan penghayatan yang lebih baik terhadap kurikulum.

KTSP ISMUBA ini dikembangkan dalam beberapa komponen sebagai satu kesatuan utuh yang merupakan perangkat pedoman bagi sekolah dasar Muhammadiyah Plus dan diharapkan setiap satuan pendidikan Sekolah Dasar Muhammadiyah Plus secara konsisten menyesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang ada dalam kurikulum ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terakhir

    sdmpluss on SD MUHAMMADIYAH PLUS
    Akhbar on SD MUHAMMADIYAH PLUS
  • Komentar

  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: